Gawat Darurat: (0752) 624 317



Senin, 12 November 2018 | Anferi Devitra. SKM. MARS - RS Stroke Nasional Bukittinggi
Pemasaran Rumah Sakit Di Era Modern

Rumah sakit merupakan salah satu institusi pelayanan kesehatan yang mempunyai peran penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Menurut  Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 340/MENKES/PER/III/2010 “Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat”.


Senin, 29 Oktober 2018 | dr. Ruhaya Fitrina, Sp.S - RS Stroke Nasional Bukittinggi
Peringatan Hari Stroke Dunia

Stroke adalah sindroma fokal neurologi yang terjadi mendadak yang disebabkan oleh gangguan pada pembuluh darah otak akibat proses patologis pada pembuluh darah otak. Proses ini dapat berupa penyumbatan lumen pembuluh darah oleh trombosis atau emboli dan pecahnya dinding pembuluh darah otak menyebabkan perdarahan. Perubahan dinding pembuluh darah otak dapat bersifat primer karena kelainan kongenital atau degeneratif, dan proses sekunder yang disebabkan proses lain seperti peradangan, arteriosklerosis, hipertensi, diabetes mellitus dan banyak proses lain, sehingga penyebab stroke sangat multifaktorial.


Senin, 10 Desember 2018 | dr. Ruhaya Fitrina, Sp.S - RS Stroke Nasional Bukittinggi
Neurorestorasi

Neurorestorasi adalah salah satu prosedur aktif untuk memperbaiki sistim saraf yang rusak baik secara fungsional maupun patologik. Dengan cara memodifikasi secara selektif struktur dan fungsi kontrol saraf  tersebut. Usaha yang dilakukan dengan  neurorestorasi adalah cara terarah untuk membantu pemulihan lesi dengan memanfaatkan mekanisme dasar pemulihan saraf. Di RS Stroke Bukittinggi telah dilakukan beberapa metode pemulihan, dengan semua sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung terlaksananya pelayanan ini


Kamis, 01 November 2018 | (Erna/Humas) - RSSN Bukittinggi
Wujud Rasa Sayang RS. Stroke Nasional Bukittinggi Kepada Pelanggannya Melalui Pemberian Setangkai Bunga Dalam Perayaan World Stroke Day 2018

Satu lagi bukti perhatian Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi kepada para pelanggannya adalah melalui pemberian setangkai bunga pada perayaan World Stroke Day 2018 tanggal 26 Oktober kemarin. Disamping itu beberapa kegiatan lainnya seperti senam stroke dan senam gemu famire, serta adanya layanan pemeriksaan tensi dan pemeriksaan gula darah gratis bagi masyarakat juga ikut meramaikan perayaan world stroke day tahun ini.


Rabu, 24 Oktober 2018 | Dewi Suci, SSt.FT,M.Fis
Fisioterapi Upaya Untuk Meringankan Sakit Stroke

“Bagi penderita stroke, semakin dini penyakitnya dikelola, maka persentase kesembuhannya semakin besar” Kemajuan teknologi saat ini dapat meningkatkan harapan hidup penderita stroke.  Penderita dapat sembuh sempurna, namun seringkali masih ada gejala sisa seperti kelumpuhan anggota gerak, lengan, tungkai, dan gangguan koordinasi organ tubuh. Perkembangan teknologi kedokteran itupun diikuti dengan perkembangan teknik-teknik fisioterapi dan ditunjang pula dengan kemajuan teknologi alat-alat fisioterapi yang semakin canggih. 


Senin, 15 Oktober 2018 | (Erna - Humas RSSN Bukittinggi)
Dialog Interaktif : RS. Stroke Nasional Bukittinggi di RRI Programa 1 Bukittinggi ( Tanggal 11 Oktober 2018 )

Bukittinggi - Kadang kita bertanya “kenapa ya sakit maag saya belum juga sembuh, padahal sudah makan obat..?”  Ternyata kita sebagai masyarakat awam juga mesti memahami  bagaimana cara yang benar mengkonsumsi obat. Untuk menjawab hal tersebut maka dalam kegiatan  dialog interaktif RSSN Bukittinggi di RRI Programa 1 Bukittinggi mencoba menampilkan topik terkait.


Rabu, 03 Oktober 2018 | Mairina, SKM, M.Biomed dan dr. Ruhaya Fitrina, SpS ( RS. Stroke Nasional Bukittinggi )
Pentingnya Pemeriksaan Laboratorium Elektrolit Darah Pada Pasien Stroke Akut

Perubahan pada stadium awal stroke sangat penting untuk diketahui. Sudah banyak penelitian dilakukan kearah ini, untuk mengetahui faktor-faktor yang berperan dalam kerusakan sel pada detik-detik pertama kejadian stroke.


Selasa, 02 Oktober 2018 | Dr.Syahda Suwita, M.Gizi, SpGK (RS Stroke Nasional Bukittinggi)
Disfagia Pada Pasien Stroke Dan Tatalaksana Nutrisinya

Pasien stroke sering mengalami disfagia yaitu sekitar 30-50% pasien. Tatalaksana nutrisi yang tepat diperlukan untuk mencegah malnutrisi dan mempertahankan status hidrasi yang adekuat. Pemberian nutrisi dapat dilakukan melalui jalur enteral dan parenteral jika terjadi disfagia.


Kamis, 20 September 2018 | erna/Humas RSSN Bukittinggi
Dialog Interaktif Ahli Gizi RS. Stroke nasional Bukittinggi di RRI Programa 1 Bukittinggi Tentang Kasiat Bumbu Minang Terhadap Pengobatan dan Pencegahan Kolesterol

Selama ini orang beranggapan bahwa masakan minang cenderung mengandung lemak dan kolesterol, karena setiap masakannya selalu menggunakan santan. Namun ternyata hal tersebut tidak selalu benar, begitu yang disampaikan oleh salah seorang ahli gizi di RS yaitu ibu Sari Rezeki, S.ST, M.Biomed pada acara “Ngopi alias Ngobrol Pagi” di Pro 1 RRI Bukittinggi.


Rabu, 26 September 2018 | Mairina, SKM, M.Biomed dan dr. Ruhaya Fitrina, SpS
Gambaran Profil Lipid Pasien Stroke Di Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi

Stroke di Indonesia merupakan penyebab utama kecacatan dan kematian. Jumlah penderita stroke terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hasil Riset Litbangkes 2013 prevalensi penderita stroke peningkatan  menjadi 12,1/1000 penduduk di bandingkan dengan data RIKESDAS tahun 2007 yaitu 8,3/1000 penduduk


  1    2    3    4    15  Next >>